Kegiatan Asistensi SIRUP dan MONEV Pada Tahun 2018

 Berita

Menuju Keterbukaan Informasi Publik : Pentingnya Asistensi SiRUP dan Monev Online di Lingkungan SKPD Kabupaten Kotawaringin Barat

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan memberikan arahan pentingnya pengisian SiRUP dan Keterkaitannya dengan Monev Online

Dalam Era keterbukaan dan transparansi mengenai informasi publik seperti saat ini, Rencana Umum Pengadaan (RUP) merupakan salah satu informasi pemerintah yang wajib  diinformasikan kepada masyarakat, sebagaimana diatur dalam UU 14/2008 tentang Keterbukaan dan Informasi Publik. Kewajiban Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran  mengumumkan RUP dikandung maksud agar para penyedia barang/jasa mempunyai waktu bersiap diri sekaligus bukti bahwa K/L/D/I tersebut telah melakukan prinsip-prinsip dasar pengadaaan barang/jasa yakni terbuka dan transparan.

Dikutip dari http://www.bppk.kemenkeu.go.id, kewajiban mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) oleh Pengguna Anggaran mutlak dilaksanakan karena beberapa ketentuan peraturan perundang-undangan (Perpres 70 tahun 2012) telah menyatakan dengan tegas beserta sangsinya. Namun faktanya masih cukup signifikan jumlah Pengguna Anggaran pada K/L/D/I yang tidak mematuhi. Tindakan dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) walaupun hanya sekedar mengingatkan kepada PA/KPA juga tidak kunjung muncul dalam pemberitaan di media, biasanya masalah dibawa pada forum-forum diskusi di dalam kelas pengadaan barang/jasa atau Bimbingan Teknis di Satuan Kerja.

RUP (Rencana Umum Pengadaan) seharusnya diumumkan secara luas sebagaimana ketentuan Pasal 8 Ayat (1) Huruf a dan b Pepres No. 54 Tahun 2010, menyatakan sbb : “Pengguna Anggaran memiliki tugas dan kewenangan sebagai berikut:

  1. Menetapkan Rencana Umum Pengadaan;
  2. Mengumumkan secara luas Rencana Umum Pengadaan paling kurang di website K/L/D/I;

Selain itu, dalam Penjelasan Perpres No. 54 Tahun 2010 Pasal 106 Ayat (1), yg menyatakan bahwa : “ Pengadaan Barang/Jasa secara Elektronik berpedoman pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.”  Dampak dari tidak diumumkannya RUP tersebut oleh Pengguna Anggaran paling kurang di website K/L/D/I, menyebabkan  Penguna Anggaran sama dengan telah menghilangkan dan menyembunyikan suatu informasi elektronik milik publik. Tindakan Pengguna Anggaran tersebut sudah termasuk dalam definisi perbuatan melawan hukum menurut Pasal 32 Ayat (1) UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Dari data yang telah dihimpun oleh Bagian Administrasi Pembangunan, dapat diketahui bahwa dari jumlah 38 SKPD di Kabupaten Kotawaringin Barat per 30 Januari 2018, masih terdapat 8 SKPD yang telah melaksanakan input SiRUP dan sudah sesuai dengan pagu anggaran; 12 SKPD yang belum melaksanakan input SiRUP, 18 SKPD yang sudah melaksanakan input tetapi belum sesuai dengan jumlah anggaran yang ada dalam pagu SKPD, baik itu disebabkan karena belum diumumkan atau baru terinput sebagian.

Diskusi antara narasumber dan peserta mengenai kendala dan solusi pengisian SiRUP dan Monev Online

Mengingat pentingnya kewajiban untuk mengumumkan Rencana Umum Pengadaan seperti yang telah disebutkan diatas, maka Bagian Administrasi Pembangunan selaku pengelola Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) dan Monitoring Evaluasi (Monev) Online Pengadaan Barang Jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melaksanakan Asistensi Pengisian rencana umum pengadaan dan Monev Pengadaan Barang Jasa untuk tiap-tiap SKPD yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 31 Januari 2018-2 Februari 2018 bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat. Dengan kegiatan asistensi SIRUP ini diharapkan tiap SKPD memiliki kesadaran akan tugas dan wewenangnya untuk menginput dan mengumumkan SiRUP tepat waktu serta sesuai dengan kegiatan dan anggaran dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) SKPD yang telah disetujui. Keterisian data dalam SiRUP akan mempengaruhi dalam pengisian data Monev Online. Apabila penginputan data SiRUP sudah dilakukan dengan benar, maka akan mempermudah dalam pengisian data Monev Online.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply